Minggu, 19 April 2020

Gimana sih les di GO itu? Testimoni les di GO dan segala keunggulan GO (Ganesha Operation)

Hallo semuanyaaa............. kembali lagi dengan blog aku Triyanda Nurrahmah. Oke guys, setelah sekian lama aku ga upload upload di blog aku. Kali ini aku datang dengan membawa suatu testimoni buat kalian semua. Apalagi kalo bukan testimoni tentang les (Bimbel) di GO. 

Siapa sih yang gak kenal GO?. Bimbel yang sudah memiliki banyak cabang di seluruh indonesia itu. So guys, kali ini aku mau cerita ke kalian tentang apa aja perasaan aku selama les di  GO, suka dukanya, gimana pengajarnya, customer servicenya, dan gimana cleaning servicenya. Kuy. simak dibawah:)).

Jadi guys, aku mulai les di GO itu waktu aku duduk di kelas 11 awal guys. Jadi, aku itu pengen pengen pengen banget les di GO itu sejak kelas 10 SMA tapi gak bisa guys. Mengapa coba? karena rumah aku ke GO itu jaraknya kurang lebih 33 km guys :'), manalagi di simpang GO itukan lagi bangun flyover yang bikin kita harus muter muter lewat jalur alternatif buat ke GO, belum lagi diperparah dengan macet yang sering sering sering banget ngelanda Banyuasin-Palembang :"). 

Jadi di kelas 10, aku memutuskan untuk membeli salah satu paket bimbel online plus cd yang harganya 800 ribu lebih:). Jujur, waktu paket itu dateng aku seneng banget. Mengapa? karena aku denger cerita dari ayuk(panggilan kakak perempuan dalam bahasa Palembang) bahwa temen temennya ada yang bimbel online dan nilainya besar. But, kembali lagi dengan "Cara belajar tiap orang itu berbeda-beda" so aku cuma awal aja pakek bimbelitu padahal aku udah beli CDnya yang sepaket itu:"). Aku bener-bener gak terlalu mudeng karena itu untuk first timenya aku bimbel online:). So, aku lalui masa kelas 10 ku dengan menjadi orang yang tidak percaya diri, malu untuk memberikan pendapat dan malu bertanya :").

Next, waktu bulan februari gitu ada temen aku yang udah daftar di GO nih. Namanya Obi. Puji syukur banget, pembangunan fly over simpang bandara udah selesai:) (i'm so happy guys:))). Jadi, aku kontakin tu Obi. Tanyain berapa biayanya, berapa harganya, daftar dimana dan sampe aku minta fotoin kwitansi pembayarannya (maaf ya Obi:)). Next, aku kasih tau bapakku. Dan, alhamdulillah aku diperkenankan untuk bimbel di GO. Jadi, bulan Mei aku daftar nih di GO. Waktu aku masuk. Aku boleh ikut kelas yang lain(ini waktu aku akhir kelas 10). Gimana aku gak seneng. Pengajarnya itu bener bener the best lah :)). Dan aku sadar waktu itu kalo aku bener bener belum mahamin sepenuhnya materi kelas 10. Why? cause aku masuk di suatu class yang lagi belajar Chemistry. Di sekolah kami gak belajar tentang Tokoh-tokoh yang  menemukan teori atom, itulah reason aku terkejut:). Untung aja ada THE KINGnya yang super duper bantu aku banget buat yang paling males kalo hafalan panjang x lebar x tinggi (aku gak suka hal yang bertele tele) eitss. alhamdulillah GO udah bener bener bantu aku jadi orang yang suka hafalan. Thanks GO :).

Tahun ajaran baru kelas 11  dimulai. Aku pun mengikuti kelas bimbel tiap sabtu dari pukul 08.00 -16.00 (karena rumahku jauh dan kami fullday jadi anak sekolah kami memutuskan untuk bimbel satu hari aja di hari sabtu). So, kami dikasih GO assessment (ini merupakan form buat nguji kemampuan ngitung-ngitung kita biar pengajar tau gimana cara nalar kita cepet, atau sedang ) dan juga GO VAK (form buat mengetahui cara belajar kita ada yang Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK). Dan setelah selsai tes satu minggu atau dua minggu setelahnya kita dibagiin hasil deh. Dan aku ternyata tipe belajar auditorial (aku gak suka belajar di tempat ramai;) ).


----------------------------------------------------------------------------------------

Kita pun belajar deh guys. Pengajarnya serius baik banget. Suka ngajakin kami ngobrol juga. Tanyain tentang sekolah kami, selalu nanyain materi apa yang lagi kami pelajari di sekolah, dan selalu menghargai siswa GO guys. Karena pengajar GO tahu bahwa tiap anak memiliki cara belajar yang berbeda. Tidak harus dipaksakan. Jadi, walau ada yang nulis aja apa yang diomongi guru tapi gak merhatiin guru, Pengajar gak bakalan marah kok. Dan kita tidak merasa tertekan ketika belajar.

Terus THE KING nya yang super the best ngajarin aku buat nyelesain soal dengan cepat, mudah dan tepat. Biologi itu bener bener jadi momok yang aku lumayan bingungin nih:). Tapi GO ngubah aku jadi orang yang suka hafalan dengan singkatan hurufnya untuk hafal dengan mudah, cepat dan tepat. Makasih banyak ya mbakkkkk:)).

Dan kalau aku pulang kan pulangnya tempat nenek di Plaju. Jadi, temen-temen aku udah pada pulang duluan naik angkot sataran dari pangkalan balai. Pernah suatu ketika aku belum pulang padahal udah mau isya. Dan kegiatan KBM aku udah selesai dari jam 16.00. Tapi, kakak cleaning service sama satpamnya selalu nanyain ke aku dan juga cerita-cerita nih (Jujur aku orangnya introvert. Kalian percaya gak? tapi aku aja heran gitu kalo aku di medsos aku berubah jadi extrovert. Wkaka dasar aku :).) But, aku bener-bener seneng gitu di GO pelayanannya bener-bener mantap. Waktu bapakku dan aku datang ke GO aja pernah disuguhin teh oleh Cleaning servicenya. Makasih banyak ya kak:). 


Aku rasa kalo aku udah tinggal di Palembang. Aku bakalan datangin GO kalo pulang sekolah wkaka. Because aku suka banget baca buku sama ngumpulin buku buku pendidikan gitu. Terus aku juga bisa sharing ke kakak-kakak disana sambil cerita sama anak sekolah lain.

Ngomong-ngomong anak sekolah lain. Walau aku dari banyuasin. Aku dapet temen dari anak Smantilas. Friendly bangett serius. Aku suka banget sama orang friendly kayak dia. Tapi aku gak inegt lagi siapa namanya. Ada juga dari anak methodist atau xaverius. Padahal temen temen dari sekolah aku udah pada pulang (ini waktu maghrib kalo ga salah).

Ada juga ni M3 dari GO. yaitu pertemuan GO dengan orang tua, kasih motivasi dari GO Pusatnya dan juga yang bisa ubah pola pikir kita jadi semangat ambis PTN. AMBIS AMBIS AMBIS YESSS...

Next, GO udah bener-bener jadi basecamp buat aku. Makasih banyak ya GO. Alhamdulillah aku bisa lolos SNMPTN 2020 ini. Makasih udah ubah cara belajar aku dan pola pikir aku. Makasih udah bantu ningkatin nilai aku dan aku yang sebelumnya gak pernah masuk 3 besar pembagian rapor selama SMA waktu semester 4 aku naik ke peringkat 2 alhamdulillah:).

Oke guys. Sekian dulu cerita dari aku. Kalo ada request dari kalian aku post apalagi silahkan komen di bawah ya. Oh ya btw aku juga ada akun channel youtube namanya (Triyanda Nurrahmah). Karena di channel aku itu aku post juga tips dan trik lolos SNMPTN 2020. Jangan lupa di subscribe channel aku ya temen temen. Makasih banyakkk...

Berikut link youtube aku makasihh :) https://www.youtube.com/watch?v=3iEmAjokcC0&t=35s

Sinopsis cerita pendek nasihat untuk anakku beserta Unsur Intrinsik dan Unsur ekstrinsiknya


Sinopsis Cerita Pendek : Nasihat untuk Anakku






Identitas                                       :  
Cerita pendek Nasihat untuk Anakku
Judul                                            :
Nasihat untuk Anakku
Penulis                                         :
Motinggo Busye
TahunTerbit                                        
1963

            Cerita pendek “Nasihat Untuk Anakku” adalah karya ke-9  Motinggo Busye yang bernama asli Bustami Djalid. Cerpen ini adalah satu-satunya cerpen yang ditulis Motinggo Busye dan cerpen ini mendapatkan hadiah dari majalah sastra. Cerita pendek ini menceritakan tentang banyak berubahnya keadaan dunia,perjuangan hidup,dan berbagai nasihat dari ayah untuk anaknya.
            Pada paragraf pertama teks ini menceritakan tentang keadaan negara indonesia berubahnya keadaan negara Indonesia.
            Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang betapa sulitnya untuk menjalankan kehidupan membutuhkan perjuangan yang berat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan akses transportasi yang sangat buruk.
            Pada teks paragraf ke-4 dan selanjutnya menceritakan penulis cerita ini/nasihat merayakan ulang tahun karena pada saat hari itu sang Ayah sedang berulang tahun. Sang Ayah membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya.Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang rencana apa yang akan digunakan dari hasil terbitnya buku sang Ayah.
            Di pertengahan teks cerita pendek ini sang Ayah mendengar temannya telah melakukan bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan silet. Hal itu sangat memalukan.Mendekati akhir cerita teks ini memberi tahu jangan takut membela kebenaran memang terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.
            Cerita pendek yang ditulis oleh Motinggo Busye  disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti. Tetapi teks ini apabila pembaca sudah memahami teks ini maka pembaca akan tersihir dengan cerita pendek ini.
            Dengan berbagai nasihat yang dikandung, teks ini merupakan sebuah motivasi yang luar biasa bagi kita, bisa kita jadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen ini bagus untuk para remaja karena dicerpen ini sang penulis menulis nasihat-nasihat yang baik untuk para pembaca. Cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan bagaimana saat keadaaan hidup sangat minim.
            Dengan mengesampingkan kekurangan,teks ini benar benar dibutuhkan oleh remaja di Indonesia karena banyak sekali nasihat dan motivasi untuk membangun pribadi yang lebih baik lagi.

Struktur Teks Ulasan Cerita Pendek “Nasihat untuk Anakku”
Struktur Teks
Kalimat
Orientasi
      Cerita pendek “Nasihat Untuk Anakku” adalah karya ke-9  Motinggo Busye yang bernama asli Bustami Djalid. Cerpen ini adalah satu-satunya cerpen yang ditulis Motinggo Busye dan cerpen ini mendapatkan hadiah dari majalah sastra. Cerita pendek ini menceritakan tentang banyak berubahnya keadaan dunia,perjuangan hidup,dan berbagai nasihat dari ayah untuk anaknya.
Tafsiran
      Pada paragraf pertama teks ini menceritakan tentang keadaan negara indonesia berubahnya keadaan negara Indonesia.
      Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang betapa sulitnya untuk menjalankan kehidupan membutuhkan perjuangan yang berat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan akses transportasi yang sangat buruk.
      Pada teks paragraf ke-4 dan selanjutnya menceritakan penulis cerita ini/nasihat merayakan ulang tahun karena pada saat hari itu sang Ayah sedang berulang tahun. Sang Ayah membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya.Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang rencana apa yang akan digunakan dari hasil terbitnya buku sang Ayah.
      Di pertengahan teks cerita pendek ini sang Ayah mendengar temannya telah melakukan bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan silet. Hal itu sangat memalukan.Mendekati akhir cerita teks ini memberi tahu jangan takut membela kebenaran memang terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.
Evaluasi
      Cerita pendek yang ditulis oleh Motinggo Busye  disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti. Tetapi teks ini apabila pembaca sudah memahami teks ini maka pembaca akan tersihir dengan cerita pendek ini.
      Dengan berbagai nasihat yang dikandung, teks ini merupakan sebuah motivasi yang luar biasa bagi kita, bisa kita jadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen ini bagus untuk para remaja karena dicerpen ini sang penulis menulis nasihat-nasihat yang baik untuk para pembaca. Cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan bagaimana saat keadaaan hidup sangat minim.
Rangkuman
      Dengan mengesampingkan kekurangan,teks ini benar benar dibutuhkan oleh remaja di Indonesia karena banyak sekali nasihat dan motivasi untuk membangun pribadi yang lebih baik lagi.
Unsur Intrinsik Cerpen “Nasihat untuk Anakku”

1. Tema Cerpen “Nasihat untuk Anakku”

Seluruh unsur cerita mempunyai satu arti saja dan satu tujuan. Yang mempersatukan segalanya itu adalah tema. Untuk menentukan tema cerpen “Nasihat untuk Anakku’’. dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut.
  1. Bagaimana sikap pengarang terhadap masalah yang dikemukakan di dalam cerpen “Nasihat untuk Anak’’?(Sikap pengarang pada cerpen ini sangat yakin dan berpikir positif)
  2. Apakah nasihat yang dikemukakan oleh tokoh Ayah dalam cerpen ini juga berguna bagi orang lain?(Nasihat dari cerpen ini berguna bagi orang lain juga)
  3. Apa alasan tokoh utama melarang anaknya menjadi pengarang?(Tokoh utama dalam cerpen ini melarang anaknya untuk menjadi pengarang karena ia berpikir Indonesia akan maju dengan SDA di Indonesia)
  4. Bagaimana pendapatmu tentang profesi pengarang?(Pada masa tersebut, pengarang tidak dihargai. Dengan membayangkan situasi tersebut bisa mengambil kesimpulan bahwa menjadi seorang pengarang bukanlah pilihan yang terbaik.)

Dengan demikian, tema cerpen tersebut adalah pilihan hidup, pengarang dapat menyampaikan tema itu melalui tokoh utama, yaitu sang ayah.
2. Plot Cerpen “Nasihat untuk Anakku”
  • Pengenalan.  Ayah adalah seorang pengarang yang hidup di zaman sebelum kemerdekaan, saat itu Indonesia masih mengalami krisis ekonomi. Ayah memiliki seorang teman yang juga berprofesi menjadi pengarang. Karena profesi itu, teman Ayah dibenci keluarganya.
  • Timbulnya konflik. Saat ulang tahun Ayah kedua puluh lima, Ayah mentraktir temannya itu ke warung kopi. Di sana Ayah berbincang-bincang dengan temannya. Ayah mengatakan jika ia akan membeli arloji dan buku harian saat bukunya terbit. Ia juga menjelaskan alasan pembelian kedua benda itu. Temannya seperti tersihir juga termotivasi dengan pendapat Ayah.
  • Konflik memuncak/Klimaks.  Malamnya, Ayah mendapat kabar jika temannya meninggal karena bunuh diri. Teman Ayah bunuh diri karena ia merasa malu dan putus asa dengan kehidupan yang ia jalani selama ini. Kehidupan temannya ini tercermin seperti pada masyarakat umumnya. Yaitu masyarakat yang pada masa itu mengalami banyak permasalahan.
  • Pemecahan.  Sang Ayah menghimbau kepada anaknya, agar anaknya itu memilih pilihan hidup ini sesuai dengan kemampuan pikiran dan tenaganya, asal saja pilihan itu adalah pilihan yang benar, serta tidak merugikan masa depanmu dan masa depan banyak manusia. Ayah melakukan hal ini untuk menjadikan anaknya lebih baik dari dirinya.

          Setelah mengenal elemen-elemen plot, kamu analisis cerpen “Nasihat untuk Anakku” berdasarkan elemen-elemen plot tersebut. Jenis alur pada cerpen “Nasihat untuk Anakku” yaitu alur mundur-maju (campuran). Karena dalam cerpen menceritakan kehidupan sang ayah di masa lalu. Kemudian menceritakan secara urut ke depan.

3.Karakter

Karakter tokoh di dalam cerpen “Nasihat untuk Anakku”. antara lain sebagai berikut.
  • Tokoh utama dalam cerpen ini melarang anaknya untuk menjadi pengarang karena ia berpikir Indonesia akan maju dengan SDA di Indonesia. Tokoh utama dalam cerpen sangat berpikir positif.

4. Latar

a. Latar Waktu
  • Ketika sang anak membaca surat dan nasihat dari Ayah
  • Tiga jam, waktu menunggu bus di Salemba.
  • Pagi hari, saat Ayah belum sarapan.
  • Pada hari ini, pada waktu ayah membuat nasihat dan saat ulang tahun Ayah kedua puluh lima.
  • Besok pagi, ketika Ayah bermaksud ikut menggali kubur untuk membenamkan mayat temannya.

Menunjukkan jam :
  • Jam dua siang, saat sang Ayah merasa sangat lapar di tengah hari.
  • Jam delapan malam, ketika malam hari ulang tahun Ayah dan pada waktu Ayah mendengar kabar bahwa temannya telah bunuh diri.

Menunjukkan tanggal dan bulan :
  • Bulan Desember, waktu ketika buku Ayah terbit
  • Tanggal dua puluh satu November, hari ulang tahun Ayah.

b. Latar Tempat
Latar Tempat :di dusun-dusun, di Salemba, di jalan raya, di secarik kertas, ke kantor majalah, ke sebuah warung kopi, di satu lembah, dalam buku harian, di angkasa, ke dalam bumi, ke dinding gedung, ke perpustakaan, di toko-toko.

c. Latar Suasana
  • Berubah, keadaan dunia antara zaman Ayah dan zaman Anaknya.
  • Lapar, kondisi Ayah saat menunggu bus di Salemba
  • Penuh sesak, suasana di dalam bus.
  • Gembira, saat menerima uang honorium hasil karangan dan karena Ayah ulang tahun.
  • Bingung, ketika Ayah ditertawakan
  • Kaget, pada waktu mendengar kabar bahwa temannya telah bunuh diri.
  • Bangga, saat sang Ayah menjadi pengarang hanya dengan arloji dan buku harian.
  • Mengharukan, ketika Ayah memberikan nasihat-nasihatnya untuk si Anak, kelak

5. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam cerpen “Nasihat untuk Anakku” dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Orang Pertama. Pengarang terlibat langsung mengalami medalam peristiwa cerita. Pengarang menggunakan kata ganti“aku” atau “saya” sebagai tokoh utama.
  • Orang ketiga. Pengarang tidak terlibat dalam peristiwa cerita. Biasanya pengarang menggunakan tokoh “ia”, “dia”, atau “mereka” sebagai pelaku utamanya. Atau bisa juga dengan menyebut nama tokohnya; “Aisya”, “Nia”, dan “Fahri” misalnya. Sudut pandang dalam cerita tersebut merupakan sudut pandang orang pertama pelaku utama.

Unsur Ekstrinsik Cerpen “ Nasihat untuk Anakku ”

Unsur ekstrinsik cerpen “Nasihat untuk Anakku”. Latar pengarang merupakan keadaan pengarang saat membuat suatu karya sastra.
  • Pengarang  cerpen “Nasihat untuk Anakku” yaitu Motinggo Busye.
  • Motinggo Busye memiliki nama asli Bustami Djalid.
  • Beliau merupakan seorang sastrawan, sutradara, dan penyair legendaris di Indonesia maupun di dunia.
  • Selain cerpen, Motinggo Busye juga mengarang puisi, sajak, drama, dan novel




Hasil Kerajinan dari Ranting Kayu



 

Bahan pembuatan tempat pensil dari ranting kayu    :
1. Beberapa ranting kayu
2. Karton bekas tisu bentuk tabung
3. Lem kayu
4. Triplek
5. Paku kecil
6. Palu
Langkah membuat tempat pensil dari kayu :
1. Potong-potong ranting kayu dengan panjang lebih kurang 10-15 cm. Buat potongan kayu yang banyak
2. Lem semua permukaan tabung karton bekas tisu
3. Lekatkan potongan ranting kayu di semua permukaan tabung karton dengan cara   vertikal. Upayakan rapat serta melekat kuat.
4. Buatlah tatakan dari papan kayu sebagai dasar paku dengan palu
5. Dan langkah paling akhir bisa anda kerjakan atau tidak, yakni diwarnai dengan cat kayu


Hiasan Dinding Dari Ranting Kayu

Alat dan Bahan  :

Papan Styrofoam
Ranting Kayu
Cat Warna-Warni
Lem
Kuas
Pernak Pernik       

Langkah Proses Pembuatan
:

1. Cat ranting kayu sesuai sama warna yang Anda inginkan
2. Tempelkan ranting kayu yang telah di cat pada papan Styrofoam
3. Buat pola bentuk daun pada papan Styrofoam di sekitar ranting kayu
4. Tempelkan pernak pernik pada pola yang sudah di buat dengan lem
5. Jadi deh kerajinan tangan Bikin kreasi karya seni nik dari sisa ranting pohon.



Lampu Tidur Dari Ranting Kayu


Kreasi Lampu Tidur Dari Ranting Kayu

Alat dan Bahan
  • Gelas lilin (Anda bisa membeli)
  • Ambilah ranting kayu kecil dari pohon yang anda inginkan
  • Lem kayu
  • Kawat atau karet



Langkah dan Cara membuat Kreasi Lampu Tidur Ranting Kayu
1.      Tentu siapakan alat dan bahan yang akan di jadikan hiasan.
  1. Carilah ranting pertama yang memiliki sudut siku, tujuannya untuk cakar ayam pada gelas, kemudian tempelkan, Anda bisa menggunkan kawat maupun Karen untuk mempereratnya.
  2. Tempelkan sedemikian rupa hingga menutupi seluruh permukaaan gelas lilin.
  3. Lem setiap cabang untuk menyambung dan mempererat cabang yang lain secara merata.
  4. Jika Anda hanya memiliki gelas dan lilin (bukan gelas lilin) nyalakan lilin dan tetesekan pada bagian dalam gelas untuk meletakkan lilin dalam gelas.
  5. Pastikan ranting2 kayu sejajar rapid an menutupi seluruh permukaan gelas lilin.
  6. Jadilah Kreasi Lampu Tidur Ranting Kayu yang Anda buat sendiri. Silahkan letakkan di samping tempat tidur Anda, agar mimpi Anda seterang lampu kecil di kegelapan kamar Anda. Selamat mencoba dan ber-inspirasi.

    Sumber : http://langkah-membuat.blogspot.co.id/2014/03/kreasi-lampu-tidur-ranting-kayu.html